Magic of Liquid

      Science adalah sesuatu yang selalu dekat dengan kita, namun terkadang kita kurang memberikan respon untuk seatu kejadian alam. Untuk itu SEL mencoba mengenalkan sekaligus membangun karakter rasa ingin tahu tentang keajaiban yang dimiliki benda cair.
salah satu yang kami lakukan adalah mendemonstrasikan kegiatan tersebut.

Dalam kesempata acara PENSI SPENSAGA 2016, SEL memutuskan ikut memeriahkan acara PENSI SPENSAGA 2016 dengan ikut serta mendirikan stand eksperimen, Serta mendemonstrasikannya langsung didepan guru-guru dan siswa. Seperti apa eksperimennya ? Berikut dokumentasinya.


Ekperimen 1 TUTABO (Tusuk Tanpa Bocor)

Magic of Liquid 1 tusuk tanpa bocor 

Bapak Faqih sedang mencoba eksperimen menusukkan pensil pada plastik yang berisi air. Ternyata, plastik tidak bocor lho... mengapa demikian? karena daya tekan air bekerja sama denga kerapatan yang ditimbulkan oleh gesekan antara plastik dan sisi luar pensil yang juga berasal dari bahan sejenis. jadi jikan bagian luar pensil tidak terlpisi hanya kayu saja maka tidak akan bisa melakukan kegiatan ini, Magic of Liquid.

Ekperimen 2 AIPA AINO (Air Panas Air Normal)

Antara Warna Hijau dan merah Tidak menyatu
Eksperimen pencampuran air hangat dan air bersuhu normall, ternyata kedua air tidak menyatu
Hal ini membuktikan Bahwa Kalor memerlukan waktu untuk berpindah pada media yang suhunya lebih berlawanan suhunya.  

            Ekperimen 3 Gradasi Masa Jenis Zat Cair


Asli tanpa rekayasa. Gradasi warna ini terbentuk akibat pencampuran zat cair yang masa jenisnya berbeda.. J Semangat J


Ekperimen 4 Terbalik

WON berubah menjadi NOW
awalnya kami menuliskan kata WON pada kertas saat gelas masih belum terisi air. setelah terisi air di dalamnya, gelas kaca tersebut akan bertindak seperti lensa cembung (bagian tengah lebih tebal dari tepi) yang menghasilkan bayangan gambar yang terbalik bila dilihat pada jarak di luar titik fokusnya. Untuk gelas minum standar, jarak titik fokusnya cukup pendek sehingga mudah untuk meniru percobaan ini. dari sinilah keajaiban optik terjadi mula dengan tulisan WON menjadi NOW.


SELAMAT MENCOBA MASTER, Salam SEL, Aktif, Kreatif, Cinta Lingkungan

Comments

Popular Posts