Ekpedisi Pulau Penyu Teluk Benoa


 PULAU PENYU TANJUNG BENOA BALI 2016
Tanjung Benoa adalah sebuah kelurahan di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.Tanjung Benoa juga merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya.Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.
Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam''.
Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar.(wikipedia)

Alhamdulillah, kami sudah sampai ditempat ini. 23 desember 2016 lalu. kami melakukan kunjungan untuk lebih jauh belajar dan mengenal tentang penangkaran penyu. tiket masuk yang murah meriah untuk pelajar yaitu Rp5.000 dan ongkos kapal Rp 50.000/Orang untuk 1 kapal 10 Orang menambah semangat belajar karena masih terjangkau namun memang ongkos transportasi dari madura lumayan menguras isi kantong. hal ini tertelong karena program sekolah yaitu Study Tour berbasis tabungan. dengan terselenggaranya tujuan wisata d pulau dewata kami tim SEL lasung bekerja sama dengan sekolah dan panitia penyelenggara untuk membantu kami menentukan objek wisata alam yang menarik untuk di jadikan labuhan pendidikan lingkungan, hingga terpilihlah tanjung benoa dengan pulau penyunya.

Berikut Ulasan Video kami tentang Ekspedisi Pulau penyu
berikut hasil pembelajaran bagi kami:
- Sampah plastik yang masih banyak ditemukan.
- Untuk penagkaran masih kurang terawat.
- ongkos kapal yang lumayan mahal untuk kelas pelajar.


banyak hal yang kami pelajari, melihat senyum mereka dan semnagta untuk terus belajar membuat materi rasanya menjadi terbuang tidak percuma meski kenyataanya tempat wisata ini harus lehih diperhatikan lagi untuk pengelolaan dan konservasi :) dan kami ikut menolak rencana reklamasi teluk Benoa karena pulau ini harusnya menjadi tempat pendidikan konservasi. salam SEL.

Comments

  1. Ini beneran studytour d bali dek? Keren mlah q blm kesana 👍

    ReplyDelete
  2. iya beneran master zaqia, kebetulan yang ikut studytour kebanyakan anak-anak SEL jadi ternyata tidak sengaja pula ada kesempatan kesini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts