"Sungai" Tentang Mimpi dan Harapan Mereka

Sungai Kecamatan Blega
Harapan, suatu hal yang selalu ada disetiap langkah kehidupan manusia, tak terkecuali kita. Sebuah harapan selalu menyertai kita dan terkadang menjadi penambah semngat baru. Seperti harapan mendapatkan bonus dari sebuah perjungan, atau seperti mengikuti sebuah perlombaan dan berharap mendapatkan sebuah hadiah utama. Ya benar sekali harapan akan selalu membawa motivasi untuk kita melangkah satu persatu meski sangat perlahan. Sebuah langkah mudah dalam membangun harapan adalah sebuah keyakinan dalam iman setiap insan akan Allah yang maha esa. Hal utama untuk membangun semua yang kita inginkan muali dari do'a dan usaha yang akan terus kita lakukan. meski dalam kenyataanya tidak semua harapan kita menjadi kenyataan, dari sinilah kita akan mendapatkan pembelajaran hidup akan manisnya perjuangan. 

Apakah mimpi dan harapan sama?. Perbedaan antar keduanya sangatlah , mimpi adalah suatu harapan dan angan kita saat kita tak sadar yang belum menjadi kenyataan, dalam hal ini adalah ketika kita dalam keadaan tertidur atau beristirahat. akan tetapi banyak orang memakai kata mimpi juga untuk sebuah harapan yang disebut impian. sedangkan harapan adalah suatu angan kita secara sadar kita menginginkannya danberharap menjadi kenyataan. jadi dengan itu kita harus berusaha untuk mendapatkan harapan ini. 
Harapan adalah mimpi dari seorang yang terjaga. (Aristoteles)
Bermimpi dan berdoalah karena tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu itu. 
(Andrea Hirata)
Pertemuan pada rabu sore lalu kami memberikan materi tentang sungai dan mempresentasikan mimpi dan harapan anggota SEL tentang Sungai di Kecamatan Blega karena kamipun juga memiliki harapan dalam setiap anggota bahwa kelak mereka akan menjadi agen cinta lingkungan. mulai dari kutipan Aristoteles hinggan Andrea Hirata kami sampaikan kepada mereka sebagai stimulus sebelum berdiskusi kelompok, presentasi perorangan dan kelompok.
Presentasi perorangan

Ditepian sungai kami belajar

Ceria mereka, diskusi mereka

Berdiskusi dengan pasti

SEL berdiskusi

Diskusi dan Diskusi

Langsung dengan Master Afni

Mereka yang berdiskusi

Berdiskusi di Tepian Sungai Blega

diskusi 

belajar di Alam terbuka 

Presentasi dimulai
Diskusipun telah usai dengan banyaknya mimpi dan harapan yang tumbuh semata-mata untuk melestarikan alam. bercerita tentang sungai yang menjadi tempat pendidikan lingkungan, perpustakaan, taman bermain keluarga hingga sekolah berbasis lingkungan. mereka memiliki ruang mengembangkan imajinasi mereka dengan batasan kenyataa karena kami saat itu memposisikan mereka jika menjadi "mentri atau pejabat terkait". kita banyak belajar tentang ekositem sungai dan bagaimana terus melestarikanya dan membuatnya lebih baik. semoga mimpi dan harapan mereka akan terus tumbuh dalam benih cinta lingkungan yang kami coba semai perlahan seperti yang telah diungkapkan oleh Proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia bahwa :
"Jika Kita Mempunyai Keinginan Yang Kuat Dari Dalam Hati, Maka Seluruh Alam Semesta Akan Bahu Membahu Mewujudkannya".

(Bung Karno)
Semangat untuk semua penggerak Lingkungan, Kami juga berjuang disini. salam SEL.

Comments

Popular Posts