Pengalaman CINOBITA

TIM LPIR Generasi Pertama CINOBITA
Disini saya akan menceritakan pengalaman saya saat mengikuti lomba KIR (LPIR) atau Karya Ilmiah Remaja. Pada awalnya saya tidak menyangka bahwa saya dipilih menjadi salah satu anggota KIR, apalagi dua anggota lainnya adalah Master Shakila dan Fildza, tapi saya tau bahwa saya harus berusaha untuk mampu mengikuti lomba KIR.

Banyak percobaan yang kami lakukan hingga akhirnya menentukan satu karya ilmiah yang mungkin dapat bermanfaat, yaitu Cinobita atau Citrus Nobilis Nata yang terbuat dari sari jeruk keprok (lokal). judul kami yang unik menggugah inspirasi pamong kami yaitu master aab untuk berdiskusi dengan master jamila dan fernas agar bisa membuat poster dan karakter kartun. berikut karya meeka :
poster cinobita

cinobita SIP

cinobita yeah

Kami memilih jeruk keprok karena pada jaman ini banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mengonsumsi buah impor. Jadi pembuatan nata dari jeruk keprok ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual buah lokal, khususnya jeruk keprok dikalangan masyarakat.

Hal pertama yang kami lakukan dalam KIR adalah membeli bahan-bahan, serta menyiapkan alat-alatnya. Kami mencoba membuat nata dari banyak hal, yaitu dari semangka, kulit jeruk hingga ubi yang berakhir menjadi tajhin (bubur).

Sebenarnya kami hanya membuat nata dari jeruk keprok menggunakan kulitnya saja, dan sarinya dibuat menjadi es jeruk. Tetapi karena tidak ada waktu untuk membuat es jeruk dan meminumnya, kami membuat sari jeruknya menjadi nata, membuat sari jeruk menjadi nata tidak perlu menggunakan blender sehingga tidak memerlukan waktu yang lama.

Proses pembentukan nata sari jeruk memerlukan waktu 5 hari yang berarti lebih cepat dari nata de Coco yang memerlukan waktu 7 hari, itu dikarenakan sari jeruk keprok memiliki kandungan karbohidrat lebih banyak dari pada air kelapa.

Naskah LPIR CINOBITA


Bakteri Acetobacter xylinum dapat hidup di media yang mengandung gula, bakteri ini membutuhkan nutrisi seperti karbon dan nitrogen. Dalam pembuatan Cinobita, karbon diperoleh dari karbohidrat yang terkandung dalam sari jeruk keprok dan nitrogen diperoleh dari urea, tingkat keasaman media diatur oleh penambahan cuka. Tapi tenang nata itu aman meskipun memanfaatkan bakteri.

Nata merupakan bahan makanan kaya serat yang sangat berguna bagi kesehatan. Terutama dalam menyerap air dan melunakkan feses. Serat juga dapat mengurangi berat badan.

Berdasarkan hal tersebut Cinobita sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan, apalagi dengan adanya kandungan-kandungan lain dalam sari jeruk keprok, misalnya vitamin C.

Semua kerja keras kami akhirnya dibayar saat lomba KIR itu dilaksanakan, dan Alhamdulillah kami mendapatkan juara 9.

Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Master Ab dan Master Afni, karena telah membimbing kami untuk mengikuti lomba KIR. Semoga kedepannya KIR SMPN 01 Blega dapat menciptakan karya-karya hebat lainnya. berikut video dokumentasi lomba :


Sekian dari saya, Salam SEL, AKTIF, KREATIF, CINTA LINGKUNGAN.

                                   13 April 2018,
                      Adinda puteri amalia.(Ndinnudum)

Comments

Popular Posts