Belajar dari "Wall-E"

Kisah inspiratif 

Assalamualaikum wr'wb

Hari ini tanggal 24 April 2019, yaitu hari yang diperingati sebagai hari menanam pohon nasional yang lebih tepatnya lagi "the day of planting a national tree." Di seluruh dunia pastinya akan merayakan hari ini dengan menanam bibit atau tumbuhan yang masih kecil di pekarangan rumah mereka atau di tempat yang kosong tanpa ada tumbuhan.

Pentingnya menanam pohon sangat mengena sekali seperti yang dikisahkan pada film "Wall-E". menceritakan tentang EVE robot pesawat luar angkasa yang mencari tumbuhan di bumi yang sudah kotor, tidak berpenghuni,  dan Sudah menjadi tempat pembuahan rongsokan.  EVE diberikan tugas khusus untuk mencari tumbuhan yang tersisa di Bumi dengan alat pelacak yang ia miliki.

Waktu terus berjalan, EVE menemukan tumbuhan di rumah Wall-E.  tumbuhan itu kecil dan mungil tetapi tidak ber-pot melainkan berada dalam sepatu bekas. Wall-E jaga dengan penuh perhatian karena ia sangat suka dengan tanaman.


Berita baik tersebut membuat semua manusia dan mahluk hidup lain yang ada di pesawat luar angkasa tempat EVE Tinggal kembali ke bumi. Mereka tergerak untuk menanam banyak pohon bahkan berjuta- juta pohon untuk mereka bisa tinggali kembali.

Aksi mereka pembelajaran kita

Kita dapat mengetahui bahwa manusia yang dulunya pergi dari bumi karena kacau dan kotor. Bumi pun kembali lagi karena satu tumbuhan yang membuat mereka berminat kembali ke bumi dan menanam sejuta tumbuhan kembali.


Melihat kenyataan kita kini yang sekarang berada di era-modern pun jarang sekali manusia memiliki keinginan untuk menanam bahkan merawat tumbuhan,  sedangkan tanah yang luas pun kita jadikan perumahan dan perkebunan dengan spesies homogen yang dapat mempengaruhi populasi dan keseimbangan ekosistem.

Yuk sekarang kita berubah dan menjadikan bumi menjadi "Earth a million plants." Tanam dan rawat mereka untuk kita dan Masa depan yang lestari :)
Salam SEL

Anaphalis Adinda

 Wassalamu'alaikum wr'wb

Comments

Popular Posts