Hari Ozon Dunia 2020 "6 Langkah Cinta Ozon"

 

Pic : Afni caripylus

Setiap tahun, dunia memperingati Hari Ozon Sedunia pada 16 September. Tahun ini, Hari Ozon Internasional diperingati pada Rabu, 16 September 2020.

International Day for the Preservation of the Ozone Layer atau Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional adalah hari peringatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat internasional terhadap pentingnya lapisan ozon. Lapisan ozon memiliki peran sebagai lapisan perisai bumi. Maka dari itu, lapisan ozon perlu dilindungi dan dilestarikan. Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional ditetapkan oleh PBB pada tanggal 16 September 1987, bersamaan dengan hari ditandatanganinya Protokol Montreal.

Perkembangnya lapisan biosfer dibumi ditentukan oleh keberadaan lapisan ozon. Lapisan ini adalah semacam tameng yang menyelimuti bumi pada ketinggian antara 17 Km hingga 40 km yang penyerap radiasi pancaran ultra violet (UV) matahari untuk tidak langsung menyentuh permukaan bumi. Apabila lapisan ini menipis maka akan terjadi suatu kondisi global yang disebut sebagai efek rumah kaca, karena UV akan langsung menghujam bumi dan terjadi kenaikan suhu bumi. Apabila hal ini terjadi terus menerus dan peningkatan suhu cukup signifikan, maka akan terjadi kiamat ekologis bagi lapisan biosfer: pelelehan es kutup dan ketinggian permukaan air laut akan meningkat; banyak pulau akan tenggelam, terjadi perubahan musim.

Perkembangan lapisan biosfer telah sampailah pada tingkatan dimana mikro organisme berkembang menjadi makhluk berpikir yang paradoksnya merusak lapisan yang membuatnya ada. Dan dorongan kesadaran berfikir kembali mencounternya distorsi yang terjadi kembali menuju kemana kehidupan berkembang. Maka PBB meresponnya dengan mengeluarkan resolusi 94/1994 pada sidang umumnya pada 16 September 2004 yang pada pokoknya merupakan kesepakatan umat manusia untuk melindungi lapisan ozon dengan diperkuat dengan Montreal Protocol yang dengan tegas menyatakan penghapusan bahan yang merusak ozon seperti aerosol seperti parfum Spray, hair spray , bahan-bahan pendingin ruangan hingga bahan pemadam kebakaran, CFC, Carbon Tetra Chloride-TCT, Tri Chlorotane-TCA.

Ozon memang memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan makhluk hidup di bumi. Terletak di antara 20 hingga 30 km di atas permukaan bumi, tepatnya di lapisan stratosfer, ozon bertindak sebagai pelindung yang menyerap radiasi ultraviolet matahari.

Meski sinar UV matahari sebetulnya sangat bermanfaat untuk memberikan panas, membunuh bakteri, merangsang produksi vitamin D pada tubuh, serta membantu meningkatkan suasana hati, namun jika makin menipis, sinar UV juga bisa masuk ke bumi dengan kadar berlebih.

Hal inilah yang dapat merangsang produksi radikal bebas di dalam tubuh sehingga mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, misalnya kanker kulit dan katarak.

Nah, agar tak membuat lapisan ozon semakin menipis, yuk lakukan 6 langkah berikut,

1. Hindari kegiatan atau penggunaan peralatan yang menghasilkan gas berbahaya bagi lapisan ozon

Beberapa gas yang paling berbahaya untuk lapisan ozon adalah CFC (klorofluorokarbon), hidrokarbon terhalogenasi, metil bromida, dan dinitrogen oksida. Gas-gas tersebut dihasilkan dari kegiatan sehari-hari ataupun dari beberapa alat yang sering kita gunakan, seperti kulkas, AS, hair spray, pengharum ruangan, dan masih banyak lagi.

2. Minimalkan penggunaan kendaraan bermotor

Pilihan transportasi terbaik adalah sepeda atau berjalan kaki, keduanya tidak meninggalkan jejak karbon. Tapi, jika tidak memungkinkan, gunakanlah transportasi umum untuk mengurangi polusi. Jika Anda terpaksa harus menggunakan mobil pribadi, cobalah siasati dengan cara bergabung bersama orang lain yang searah untuk mengurangi polusi.

3. Jangan gunakan produk pembersih yang berbahaya bagi lingkungan

Banyak produk pembersih mengandung pelarut dan zat korosif, tetapi Anda dapat mengganti zat berbahaya ini dengan produk tidak beracun seperti cuka atau bikarbonat. Yang alami memang jauh lebih ramah bagi lingkungan.

4. Beli produk lokal

Dengan cara ini, Anda tidak hanya mendapatkan produk segar tetapi juga menghindari mengonsumsi makanan yang menempuh jarak jauh. Semakin jauh jarak yang ditempuh, semakin banyak nitrooksida yang dihasilkan oleh media transportasi yang digunakan untuk mengangkut produk tersebut.

5. Rawat pendingin udara (AC)

Kegagalan fungsi AC bisa menyebabkan CFC keluar ke atmosfer yang membuat lapisan ozon semakin menipis. Jadi, rutinlah melakukan pembersihan AC setidaknya satu bulan sekali. Dan segera lakukan perbaikan jika terdapat kebocoran.

6. Kurangi sampah plastik

Sampah plastik nantinya di lingkungan kita biasanya akan selalu dibakar hal inilah yang akan mengganggu kesehatan dan kelestarian ozon. pun tidak dibakar sampah ini akan mengurangi kesuburan tanah dan dapat mengganggu ekosistem air. sangat pasti sampah plastik ini akan menjadi buah simalakama bagi populasi manusia dan mahluk hidup lainya jiga tidak disikapi dengan sungguh-sungguh.

Selamat Hari Ozon Dunia. Kami hanya bisa membagikan 6 cara mencegah kerusakan ozon ini sembari kami tumbuhkan karakter cinta lingkungan untuk generasi Indonesia. Salam SEL :)

 

Comments

Popular Posts