Hutan Hujan Tropis Penting?

 Apa itu Hutan Hujan Tropis? 🌳




Sahabat SEL pasti tau dong kalau hutan hujan tropis adalah hutan yang paling luas dan paling banyak ditemukan di Indonesia. Hutan hujan tropika atau sering juga ditulis sebagai hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0°–10° ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa.




Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis

Ada empat ciri utama hutan hujan tropis, pertama adalah curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, antara 200 - 225 cm per tahun. Kemudian, matahari bersinar sepanjang tahun, lalu dari bulan satu ke bulan yang lain perubahan suhunya relatif kecil.


Bioma hutan hujan tropis dibagi menjadi empat lapisan utama, yakni tajuk puncak, tudung, tajuk menengah, dan dasar hutan. Daerah di bawah kanopi atau tudung payung gelap sepanjang hari sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang dan malam hari.




Manfaat sebagai berikut :

✓ Hutan hujan tropis di negara kita menyimpan beragam jenis flora dan fauna, inilah yang membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat keragaman flora fauna yang tinggi di dunia.


✓ Bahkan hampir 2/3 hewan-hewan yang ada di dunia ini berasal dari hutan hujan tropis. Itu artinya, hutan hujan tropis merupakan habitat yang cocok bagi flora dan fauna. 


✓ Jadi, kalau hutannya hilang dan digantikan jadi pemukiman, hewan-hewan akan kehilangan tempat tinggal. Akhirnya, dia akan “pindah” ke perumahan yang baru aja kamu buat. Bayangin deh, begitu kamu buka pintu rumah, eh di depan pagar rumah kamu ada gajah lagi nyundul. Kan bahaya! :)



Meskipun terkesan sepele, tapi ternyata manfaat hutan hujan tropis ini banyak banget dalam kehidupan kita. Menurut kamu apa lagi manfaat hutan hujan lainnya? Tulis di kolom komentar 😄


#scienceexpeditionlearning #sel

#cintalingkungan #pendidikankarakter 

Comments

Popular Posts