Kebersamaan Kemah Hijau


Hari Kamis yang selalu membosankan, begitu saya menyebutnya. mamun tidak untuk Kamis tanggal 15 September 2022, saat itu terasa lebih menyenangkan dan bersemangat karena satu alasan, yaitu green camp –bercanda😉. kami berangkat pukul 14.34 dan sampai pada pukul 17.18, sekitar 3 jam perjalanan. walau selama perjalanan kepala saya terasa pusing, namun tetap menyenangkan karena canda dari teman-teman. sejujurnya saat sampai di pantai Labuhan, saya terkagum dengan keindahan disana, begitu asri, juga sejuk.


begitu sampai, kami meletakkan barang-barang di Rumah Panggung yang akan diinapi oleh master-master perempuan selama disana. lalu kami melaksanakan sholat Magrib dan meng-qada' sholat Ashar. setelah itu, kami mandi secara bergantian, lalu makan malam, dan tentu yang 'tak akan terlewatkan, yaitu sesi berfoto-foto ria. setelah itu kami pergi keluar dan duduk di bangku yang terdapat samping di Rumah Panggung sembari mengobrol ringan, saat masuk diwaktu Isya, kami pergi mengambil wudhu lalu sholat Isya –bergantian dengan master-master laki-laki. setelah semuanya sudah menjalankan sholat Isya, kegiatan pun dimulai pada pukul 19.22 dengan pembukaan dari Ibu Lilis Sri Banowati, lalu dilanjutkan dengan materi tentang Mangrove dari Bapak Syahril, dan materi tentang kepemimpinan dari suami Ibu Afni Laily Hidayah, Kak Imam.


setelah diberikan dua materi, kami bermain di sekitar pesisir pantai, memasak mie, tteokbokki, dan bakar-bakar sosis. kami menikmati waktu bersama, sekitar sampai pukul 12 malam. pada malam itu juga, kami mengalami banyak kejadian 'tak terduga. sekedar informasi, master-master laki-laki ada yang tidur di tenda dekat pantai, dan ada juga yang tidur di kamar yang telah di sediakan.


paginya, kami menjalankan sholat Tahajud dan sholat Subuh. setelah sholat Subuh, kami duduk bersama sembari menunggu matahari terbit di tempat yang terdapat di tengah pantai –saya kurang tau apa namanya🙏🏻. sekitar pukul 05.03, kami mandi secara bergantian, lagi. lalu melakukan senam bersama, dan dilanjutkan dengan materi dari Bapak Nuris tentang Muda Bijak Digitalisasi. pada pukul 07.10, sambutan dari Bapak Heri Susanto, lalu sarapan bersama. kegiatan terakhir kami, pada pukul 07.44, yaitu menanam Mangrove bersama-sama dengan Bapak Syahril. sebelum menanam Mangrove, kami diberi arahan terlebih dahulu oleh beliau. setelah kegiatan berakhir, kami diperbolehkan untuk bermain di tepi pantai, ada juga yang bermain air hingga pakaian yang ia kenakan basah kuyup, bermain ayunan(?) dan ada pula yang lebih memilih untuk membeli sesuatu –minuman, mie instan, juga pentol. hingga tiba pada pukul 09.00, persiapan untuk kami pulang.


tempat itu begitu nyaman, hingga rasanya enggan beranjak dari sana. kalau kata orang, "di setiap pertemuan, pasti ada perpisahan." ah sepertinya saya terlalu hiperbola tentang ini🙏🏻. pada pukul 10.36 kami pulang, dan akhirnya sampai di SMPN 1 Blega pada pukul 12.23. ini merupakan pengalaman yang baru untuk saya, begitu menyenangkan.


Karya : Amaryllifolius Karin

Comments

Post a Comment

Popular Posts