Science Expedition Learning (SEL) Cinta Lingkungan

 “Science Expedition Learning (SEL) Gerakan ekskul Cinta Lingkungan”

SEL (Science Expedition Learning) membersihkan sampah plastik sungai Manitan desa Banyubunih Kecamatan Galis
   Alhamdulillah, sudah berlangsung satu tahun yang lalu dimulai dari unek-unek pada tahun 2015, menjadikan ekstrakurikuler baru yang diberi nama Science Expedition Learning  (SEL) di SMP Negeri 1 Blega ini. Program ekskul ini menjadi salah satu gerakan di sekolah untuk menuju sekolah berbasis lingkungan atau biasa dikenal dengan sekolah Adiwiyata. Bergerak dalam proses kegiatan ektrakurikuler SEL, masih berusaha menitik beratkan pada ilmu pengetahuan alam yang dipadukan dengan bumbu-bumbu seni, karya tulis dan interaksi langsung dengan alam. SEL diminati beberapa siswa untuk belajar cinta lingkungan seperti semboyan salam kami yang dikatakan oleh master Afni yaitu, aktif, kreatif dan cinta lingkungan. kami beranggotakan 60 siswa dari kelas 7 dan 8 membuat semangat baru bagi perkembangan sekolah, karena mereka akan menjadi agen cinta lingkungan dikelas masing-masing. 
Semua anggota yang ikut dalam program ini disebut juga dengan julukan Master SEL.
SEL memperingati Hari Habitat Internasional 2016
Berjalannya waktu, SEL mulai menuju ke Adiwiyata yang sesungguhnya. Dibangun dari semangat guru-guru dan motivasi siswa untuk tetap berkembang menjadi lebih dewasa dalam pembenbentukan karakter cinta lingkungan, serta pembuatan program nyata untuk mendukung dan membantu kegiatan sekolah tahun ini. Kami membuat konten baru sebagai wadah karya tulis para anggota, agar bisa menuangkan karyanya pada "Majalah Akhir Pekan" (MAKAN). Majalah dinding ini dikhususkan untuk karya tulis yang bernuansa lingkungan.
     Majalah Akhir Pekan memiliki jargon “Jadikan Membaca Konsumsimu Tiap Hari”, dan  membawa suasana baru majalah dinding sekolah, untuk membantu menggiatkan serapan pengetahuan baru tentang lingkungan dan kegiatan sekolah yang berkenaan dengan proses Adiwiyata. Semoga awal terbitnya majalah ini, kami bisa menambah greget lagi dalam beradiwiyata dan SEL menjadi ekskul sekaligus gerakan untuk terus cinta lingkungan.


Comments

Popular Posts