Lokakarya 7 Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Bangkalan Bahagianya SEL



Lokakarya 7 Kabupaten Bangkalan sudah usai, akan menjadi bapak tilas baru untuk generasi berikutnya. Selain panen karya ini berbuah manis seperti Aksi Nyata para Calon Guru Penggerak yang telah beliau lakukan selama pendidik juga banyak tumbuh bibit program-program baru yang telah dibuat dan diterapkan. Baik berupa intrakurikuler bahkan ekstrakurikuler.

Mengusung tema 'Rampak Naong', dari baunya saja kami curiga ini pasti ulah Master Afni atau Master Abdulloh. Karena beliau yang selalu terselubung membumbui suatu hal dengan karakter cinta lingkungan. Nyatanya itu benar atas usulan beliau dan diterima dengan baik oleh tim Pengajar Praktik untuk jadi tema besar lokakarya 7.



Filosofi apik dimana padanan kata yang digunakan berasal dari bahasa dan semboyan bahasa Madura yang kurang lebih jika diartikan bahwa jika kita bersama maka akan bisa meneduhkan. Disinilah letak peran Guru Sebagai Pemimpin Pembelajaran yang harus bisa menjadi tempat yang nyaman untuk Murid. Hal ini diharapkan agar murid bisa terdidik untuk menemukan jalannya sendiri yang bahagia dan selamat.







Sangat sesuai dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara bahwa pendidikan haruslah bisa menjadi pengantar kebahagiaan dan keselamatan murid. Hal inilah yang juga selalu pembina kami coba terapkan baik di dalam kelas ataupun di Ekstrakurikuler.


Sejatinya semua Guru pastilah Penggerak akan tetapi dalam Program Guru Penggerak ini saya yakin banyak pembelajaran yang luar biasa, mengapa? Karena ketika dua pembina kami mengikuti Pendidikan Guru Penggerak ini kami merasakan banyak perubahan dan semangat baru dari beliau berdua. 







Sekilas info beliau berdua tergabung dalam kelas 255 yang berisikan Guru-guru hebat dari Kecamatan Blega dan Burneh. Kini beliau lebih sabar dan cekatan untuk menjalani program SEL, meski karena jadwal Ekskul SEL hari kamis dan kebetulan dihari itu biasanya jadwal beliau sibuk dengan kegiatan LMS akhirnya kami keseringan libur atau disempatkan diskusi via media daring. Kami ikut bahagia dan seru melihat kegiatan beliau dalam melakukan aksi nyata. 


Keseruan dan kebahagiaan itu juga tumbuh ketika melihat tayangan dimedsos dari pembina kami saat Lokakarya 7 ini. Apalagi saat keduanya berkolaborasi untuk tampil mengisi acara, Master Abdulloh menyayikan lagu ciptaannya yang berjudul 'Yuk Merdeka' dan Master Afni dengan ciptaan puisinya juga.


Bukan hanya panen karya namun juga panen senyuman dari Master Afni dan Master Abdulloh. sangat tersirat pesan besar bahwa apa yang telah mereka lakukan dari 2013 agar bisa melaksanakan program SEL adalah langkah pergerakan baru untuk memajukan dunia pendidikan dengan versinya sendiri.







Menjadi salah satu program ekskul unggulan di SMP Negeri 1 Blega menjadikan SEL terus memiliki umpan balik yang berkelanjutan agar program ini terus bisa beradaptasi. Pembelajaran berdiferensiasipun sebenarnya sudah dilakukan kedua pembina kami dengan membebaskan memilih sesuai dengan kemampuan masing-masing untuk mendalami dan mengembangkan minat dan bakat untuk jadi tim ahli dibidangnya.


Kebanggaan tersendiri bagi SEL karena 2 diantara sekian banyak Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Bangkalan adalah pembina kami. Sayangnya yang diundang hanya kepala sekolah dan komunitas praktisi hingga pejabat terkait. Akan lebih baik jika ada undangan untuk murid, misal murid yang sudah mewakili OSN tingkat Kabupaten Bangkalan untuk bisa hadir sebagai apresiasi. Karena mereka adalah wakil kebanggaan sekolah yang telah berjuang mewakili sekolah utuk bergerak mengharumkan sekolah.







Konsep keberpihakan pada murid juga akan mendukung narasi diatas, mengapa murid harus diundang. Semoga kedepan bisa dijadikan masukan positif. Sukses untuk semua Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Bangkalan. Semoga bisa menjadi salah satu ujung tombak transformasi pendidikan Indonesia 🙏 





Sukses untuk Semua Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Bangkalan. Bismillah kami doakan segera berubah menjadi Guru Penggerak yang menjadikan Pendidikan Indonesia maju dan beradab! Guru Bergerak Indonesia Maju! Adab dulu baru Ilmu!





Salam SEL, Aktif, Kreatif, Cinta Lingkungan 





Comments

Popular Posts