SEL dan Sejuta Kenangan




 Salam SEL, 

Aktif, Kreatif dan Cinta Lingkungan 

Berikut kami haturkan selayang pandang tentang ekstrakurikuler SEL. 

SEL (Science Ekspedition Learning) merupakan ekstra kurikuler di SMPN 1 Blega yang didirikan dengan tujuan utama ingin menanamkan karakter cinta lingkungan kepada setiap anggotanya. Disamping itu, sel juga berusaha untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh setiap anggota. 

Setiap anggota pada ekskul sel, kami panggil dengan sebutan "master" dengan harapan suatu saat nanti mereka bisa menjadi master di bidang kesukaan mereka masing-masing. 

Usaha, motivasi dan doa senantiasa diselipkan dalam setiap pertemuan sel untuk terus memupuk mereka menjadi generasi yang memiliki semangat juang tinggi dan semangat cinta lingkungan.

Bagi kami selaku pamong sel, melihat siswa dapat membuang sampah pada tempatnya sudah sangat menggembirakan apalagi melihat siswa mengantongi sampah makanan yang mereka makan karena tidak menemukan tempat sampah adalah hal yang menggelitik dan membanggakan. :) 

Kegiatan SEL Kami kemas dengan kegiatan outdoor yang mengajak siswa untuk mengenal alam lebih dekat, walaupun hanya dengan merasakan dingin nya rumput dan sejuknya duduk di bawah pepohonan. Seringkali kami membahas fenomena - fenomena alam yang ada di sekitar tempat duduk kita. Seperti fenomena Lichenes yang ada di pepohonan, fenomena tumbuhnya tanaman yang selalu mengikuti arah matahari dan sebagainya. Tak jarang kami kaitkan dengan filosofi hidup sehingga diharapkan mereka dapat belajar langsung dari alam tentang pengetahuan dan karakter. Kami selalu menanamkan bahwa belajar tidak hanya dari buku, namun banyak hal yang dapat kita pelajari langsung dari alam. Alam menyediakan sejuta hal sebagai sumber belajar. :) 

Sesekali kami mengadakan "Eksplorasi lingkungan" yakni suatu kegiatan berkunjung ke tempat-tempat cantik yang terbentuk secara alami. Misalnya, bukit, sungai dan sebagainya. Di tempat tersebut kami belajar tentang alam dan tak jarang melakukan bakti sosial bersih sungai ataupun bakti sosial penanaman pohon walaupun dalam jumlah yang sedikit. Tak lupa sebelum pemberangkatan di setiap ekspedisi setiap anggota sel di bekali kantong plastik untuk memungut sampah plastik yang mereka temukan di jalan. 

Satu hal yang tak pernah ketinggalan, yakni pembangunan karakter melalui fenomena - fenomena alam yang kami temukan. 

Semoga sel menjadi salah satu wadah ikhtiar kami dalam ikut serta membangun karakter generasi muda Indonesia, yakni generasi cinta lingkungan. 

Tetap semangat berjuang generasi muda Indonesia 

Salam SEL, 

Aktif, Kreatif dan Cinta Lingkungan :)



Comments

Post a Comment

Popular Posts